Berbagai Jenis dan Manfaat Beras Lokal yang Enak

Tips 21/09/2023
Bagikan 

Kehadiran nasi hampir tak pernah absen bagi sebagian besar YO People. Wajib ada di setiap agenda makan pagi, siang, dan malam. Tapi denger-denger beritanya, harga beras naik terus, dari harga awal sekilonya cuma Rp. 10.000 bisa jadi Rp. 15.000. Makin hari makin mahal, tapi #HanyaDiYogya selalu ada pilihan untuk YO People tetap berhemat, selain bisa berhemat, YO People juga bisa dapetin berbagai jenis beras yang punya khasiatnya masing - masing. 

Yuk kita kenalan dengan berbagai jenis beras tersebut. Check itu out!

1. Beras Putih

Beras putih, suatu kewajiban bagi masyarakat Indonesia. Beras yang telah mengalami pemutihan, di mana kulit luar beras (kulit bran) telah dihilangkan. Beras ini lebih ringan dan teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan berbagai jenis beras lainnya. Beras putih bisa dijadikan sebagai sumber utama karbohidrat yang dapat memberikan energi. Cocok untuk pencernaan yang sensitif karena rendah seratnya. Selain itu, karena kulit bran dihilangkan, beras putih lebih mudah dicerna oleh sebagian besar orang.

2. Beras Merah

Beras merah, beras yang sering dikonsumsi untuk diet. Serat dari beras merah ini membantu YO People merasa kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, dan mengatur kadar gula darah. Beras merah lebih kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan daripada beras putih. Karena terdapat serat dan fitokimia dalam beras merah maka dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Beras Ketan Hitam

Berwarna ungu pekat yang mendekati hitam dan banyak mengandung fenolik, terutama antosianin. Beras ketan hitam mengandung gizi seperti vitamin (thiamin, ribovlavin, dan niacin), lemak (linoleat, oleat, dan palmitate), protein (oryzenin), dan mineral (kalsium, magnesium, besi, dan fosfor).  Bermanfaat untuk menjaga pencernaan, melawan kanker dan penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta mencegah anemia.

4. Beras Hitam

Beras hitam adalah beras yang berwarna gelap karena mengandung pigmen anthocyanin yang tinggi. Beras hitam juga kaya akan serat dan antioksidan, menjadikannya pilihan yang baik untuk diet sehat. Baik untuk pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.  

5. Beras Ungu

Beras ungu memiliki warna yang berbeda karena mengandung pigmen anthocyanin, serupa dengan beras hitam. Beras yang satu ini juga Yomin baru denger dan baru tau. Manfaat dari beras ungu sebelas duabelas dengan beras hitam, kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan. Beras ungu juga mengandung fitokimia seperti flavonoid yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Lalu Beras ungu juga mengandung nutrisi tambahan seperti folat dan vitamin B6.

Tips memilih beras berkualitas baik:

  1. Lihat dari bentuk dan teksturnya. Pastikan bulir utuh dan tidak patah.
  2. Cek kualitas beras dari aromanya. Pastikan beras tidak berbau apek atau beraroma tajam.
  3. Perhatikan kondisi beras. Cari beras yang bersih dan tidak memiliki banyak kutu.

Inilah 5 beras yang bisa menghasilkan nasi pulen, enak, dan kaya manfaat. Jadii, beda warna beras memengaruhi khasiat / manfaat dari beras itu sendiri.  YO People bisa temukan 5 beras ini di YOGYA & GRIYA cabang favorit YO People. Jadi bisa bervariasi jenis nasinya.

Beras favorit Yomin, si beras merah. Kalau YO People gimana? Buat YO People yang masih pilih beras putih sebagai beras favoritnya dan bingung cari beras apa yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. YOA beras setrawangi, setra ramos, pandan wangi, dan rojo premium hadir untuk YO People.  Selain sehat, beras ini juga lebih hemat dari beras lainnya, yang sekarang beras udah 15ribuan YOA Cuma 13ribuan aja perkilonya.  

Ke bekasi, naik motor biar greget

Jangan lupa sambil bergaya

Makan nasi, enaknya pakai chicken nugget

Yang pasti belinya di Yogya

Oh ya YO People, gelaran Ayo Masak tinggal seminggu lagi. Selain belanja beras hemat, YO People juga bisa dapatkan promo bahan masak dan segala asupan untuk membahagiakan perut YO People! Catat tanggalnya hingga 28 September 2023.

YO People bisa dapet minyak goreng kunci mas 200 ML GRATIS dan bisa belanja Tebus Murah:

  • So Good Chicken Nugget 400 gr harga 32.950
  • Minyak Barco 1L harga jadi 28.950
  • Heavenly Blush Greek Yoghurt 200 ml harga 10.000
  • Mie Sedap Goreng isi 4 harga 10K

** untuk 60.000 member pertama

Ada voucher 5K juga dari MyYOGYA untuk pembelanjaan minyak goreng ALL VARIANT

** untuk 1200 member MyYOGYA pertama  

Masih banyak juga keseruan di mini bazaar, lomba masak, dan cooking demo di cabang favorit! Ikutin info selengkapnya di Instagram @info_yogyagroup

Yomin tunggu ya kedatangannya di YOGYA & GRIYA cabang favorit kalian ❤

×