Tips Merawat Handuk Agar Tetap Halus, Bersih, dan Tidak Berjamur

Tips 08/05/2020
Bagikan 

Handuk merupakan salah satu barang yang sangat penting keberadaannya. Setidaknya buat kamu yang rajin mandi. Kalau yang jarang mandi, pasti tidak akan relate. Hehe~

Sayangnya, walaupun penting, perlakuan kita pada selembar kain halus nan berbulu ini seringkali tidak baik. Digantung di kamar mandi kelaamaan lah, disimpan begitu saja di atas kasur dalam keadaan basah lah, sekalinya dijemur malah dijemur seharian lah, hingga jarang dicuci.

Padahal, semua itu perlakuan yang buruk lho buat handuk kamu.

Lalu, bagaimana sih cara yang baik yang harus kamu lakukan agar handuk tetap halus, bersih, dan tidak berjamur?

Ayo, simak tips berikut ini:

Cuci Handuk Secara Rutin

Handuk sudah berhari-hari bahkan berminggu-minggu tidak dicuci? Hiiiiy... jangan pernah lakukan hal itu, Yo People.

Jika kamu ingin handuk tetap bersih dan tidak berjamur, mulai sekarang rutinlah mencuci handuk. Sebera rutin? Ya, serutin mungkin.

Minimal, setiap minggu handuk tersebut harus dicuci dengan baik. Tapi, ada juga sih ahli mikrobiologi dari University of Arizona, Dr Charles Gerba, yang mengatakan bahwa frekeusni mencuci handuk lebih baik dilakukan setiap dua hari sekali. Kalau tidak, handuk kamu akan menjadi tempat yang sangat baik bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Gunakan Deterjen Secukupnya Saat Mencuci Handuk

Ada anggapan umum bahwa semakin banyak busa, semakin ampuh suatu zat dalam melakukan pembersihan. Anggapan ini tidak benar, Yo People.

Begitu halnya ketika kamu mencuci handuk. Jika kamu menggunakan banyak deterjen agar busa yang dihasilkan lebih banyak sehingga diharapkan akan mampu membersihkan handuk dengan lebih baik, itu keliru. Pasalnya, terlalu banyak deterjen justru bisa menyebabkan handuk menjadi susah dibilas. Sedangkan kalau sulit dibilas, noda atau kotoran yang terjebak di dalamnya akan sulit juga untuk dilenyapkan.

Kalau sudah begitu, siap-siap deh banyak bakteri yang akan bersarang di sana.

Cuci Handuk dengan Menggunakan Air Dingin

Pernah dengar kalau air yang baik untuk mencuci handuk itu adalah air hangat, Yo People? Kalau iya, mulai sekarang hindari melakukan hal itu lagi. Soalnya, mencuci handuk dengan menggunakan air hangat tidak sebaik itu.

Kalau ingin handuk tetap bersih dan halus, justru cucilah dengan menggunakan air dingin. Temperatur air yang rendah dapat menjaga warna handuk tetap baik, menghilangkan noda atau kotoran pada handuk dengan lebih baik, dan tertutama sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyusutan serat kain handuk.

Jangan Gunakan Pelembut Pakaian

Ya, ya, ya... walaupun pelembut pakaian (softener) sangat berguna untuk membuat halus dan wangi baju-baju yang kamu cuci, tapi itu tidak akan berlaku pada handuk, Yo People. Sebaliknya, alih-alih melembutkan, pelembut pakaian pada handuk justru hanya akan merusak serat kain handuk yang lama-kelamaan membuatny menjadi kasar. Jadi, lebih baik hindari penggunaan pelembut pakaian pada handuk, ya.

Hindari Menggantung Handuk Terlalu lama di Kamar Mandi

Menggantung handuk di kamar mandi selama berhari-hari dalam keadaan basah dan tidak pernah mempertemukannya dengan sinar matahari secara langsung sungguh kejam, Yo People.

Soalnya, handuk yang digantung terlalu lama di kamar mandi ini nantinya akan menjadi lembab dan berjamur. Kalau sudah begitu, handuk kamu bisa saja menjadi penyebab penyakit kulit.

Nggak mau kan?

Hindari Menjemur Handuk Terlalu Lama

Nah, ini penting nih, Yo People. Jangan mentang-mentang handuk itu tebal, jadi kamu merasa bebas menjemurnya seharian. No! Jangan pernah lakukan itu.

Kalau handuk dijemur terlalu lama, nanti teksturnya akan berubah menjadi kasar atau keras. Kalau sudah begitu, handuk kamu tidak akan halus lagi. Padahal, handuk ini kan akan digunakan untuk mengeringkan badan. Kalau teksturnya kasar, pasti badan akan tidak nyaman.

Jadi, jemurlah handuk dengan waktu secukupnya saja. Lagi pula, handuk memiliki daya serap yang cukup kuat, kok. Sehingga proses pengeringannya cenderung berlangsung lebih cepat.

Jangan Menyetrika Handuk

Nah, tip terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah jangan sesekali menyetrika handuk, Yo People.

Perlu kamu ketahui kalau menyetrika handuk itu termasuk ke dalam kategori tindakan sia-sia. Ya gimana, mau disetrika atau tidak pun handuk itu tidak akan kusut, kok. Bahkan, alih-alih memberikan manfaat, menyetrika handuk justru hanya membuat handuk kamu jadi cepat rusak karena serat-seratnya akan menjadi cepat tipis.

Bagaimana, Yo People? Cukup mencerahkan tidak nih tipsnya?

Semoga jawabannya “iya”, ya.

×